Wednesday, May 23, 2012

NEW YORK: BEAUTIFUL BUILDINGS FROM THE BOAT

Saat kami berlayar di atas danau atau laut menuju Ellis Island, kami bertiga sangat menikmati pemandangan gedung indah yang bisa kami lihat dengan sangat jelas dari atas kapal. Kalau sebelumnya kami memandang gedung-gedung tinggi ini dari atas bus, kali ini kami melihat aneka gedung yang berdiri di depan kami dari atas kapal. Ya .. Kami menganggap gedung-gedung ini ada di depan kami karena kami berusaha selalu melihat gedung-gedung itu sekalipun kapal berjalan menjauh meninggalkan NYC. Cahaya matahari jelas tidak nampak karena mendung seharian ini nampaknya enggan beranjak. Justru kemudian, pemandangan menjadi indah karena kami melihat gedung-gedung tinggi tersebut sebagian tetutup oleh kabut. Sungguh sebuah pemandangan yang gak biasa ... Misty ... Dan ya ... Kami jelas tidak merasa kepanasan karena matahari gak menampakkan diri. Namun, kami juga jelas gak merasa terlalu kedinginan karena kami tetap memakai pakaian berlapis. Selain itu, suhu udara sebenarnya juga tidak rendah. Untuk ukuran summer, serendah-rendahnya suhu udara pasti jauh lebih tinggi daripada setinggi-tingginya suhu saat winter hehehe ... Jelas saja gak bisa dibandingkan ya ... Jadi, sekalipun cuaca mendung dan agak berkabut, kami tetap menikmati indahnya gedung-gedung yang berdiri dengan anggun dan menjadi bagian dari kota NY yang besar dan luas ini. Ketika kapal menjauh dari NYC, semua penumpang kapal atau wisatawan melakukan kegiatan yang sama dengan kami. Mereka asyik mengmabil gambar. Dan seperti sudah kusebutkan sebelumnya, jumlah wisatawan di kapal sore hari ini tidaklah banyak. Jadinya, kami (para penumpang kapal) sangat leluasa mengambil gambar dari berbagai sudut. Mudahkah kami berpose di atas kapal? Ya ... Air danau atau laut ini lumayan tenang, sehingga kami bisa berpose dan mengambil gambar dengan cukup leluasa. Kata papa, jas hujan yang kami pakai malah menambah gambar menjadi bagus dan colorful hehehe ... Papa, mama dan aku bergantian mengambil gambar dari berbagai sudut. Lumayanlah kali ini saat kita berpose ... Cuaca gak panas, sehingga aku tidak sampai cemberut menahan sengatan matahari hehehe ... Semakin jauh kapal meninggalkan daratan NY, semakin banyak gedung-gedung yang kami bisa lihat ... Sungguh NYC sangat cantik dilihat dari kejauhan ... Kubayangkan saat malam tiba, lampu dari gedung berkelap-kelip menambah keindahan pemandangan ini ... Gedung-gedung tinggi tersebut nampak mengapung di atas air ... Ya ... Saat kami berada di kejauhan di atas air seperti ini, kami lihat gedung-gedung tersebut menjadi seperti mengapung hehehe ... Warna-warni cat yang ada di gedung-gedung tersebut tidak begitu mencolok ... Warna merah bata, putih dan warna-warna pastel lainnya nampak mendominasi aneka warna gedung ... Semakin jauh kapal berlayar, semakin nampak besar daratan NY ... Sungguh gak mungkin bagi kami bisa mengelilingi NYC hanya dalam waktu 2 hari ... Idealnya, kalau mau keliling NYC yang seminggu hehehe ... Yang ini sih kata mama ... Kalau hanya 2 hari seperti yang kami lakukan, barangkali mengenal dan berkeliling kota NY bisa dilakukan seperti yang sudah kita lakukan, yakni naik bus wisata di hari pertama dan mampir ke beberapa lokasi wisata yang diinginkan ... Sementara hari kedua, kita bisa naik kapal menuju Ellis Island untuk melihat dari dekat patung Liberty. Atau bisa dibalik, hari pertama ke Ellis Island, hari kedua baru kita keliling kota NY. Jelas kunjungan 2 hari ini gak cukup. Hanya saja, kita sudah pernah mencicipi melihat wajah NY secara umum hehehe ... Kembali ke gedung-gedung yang kita lihat dari atas kapal ya ... Gedung-gedung yang ada di kejauhan ini memiliki puncak yang berbentuk beraneka ragam. Ada yang berbentuk kerucut, ada yang tetap berbentuk segiempat, ada yang berbentuk segitiga dan sebagainya. Sebagaimana yang sering kita lihat di film-film, aneka puncak gedung tersebut banyak juga yang difungsikan sebagai landasan helikopter ... Maklum, kota NY yang padat sibuk sudah tentu tidak sepi dari cerita jalannan atau lalu lintas yang macet. Karenanya, banyak businessman yang kemudian melakukan perjalanan udara di NYC ini. O ya ... Bagiaman dengan kapal lain yang juga berlayar di danau atau laut ini? Kami sudah barang tentu melihat beberapa kapal yang juga hilir mudik di atas laut atau danau ini ... Ada kapal wisata seperti yang kami naiki ... Ada water taxi atau taxi air bercat kuning yang juga kami lihat ... Ada juga kapal kecil lain yang nampak berlayar ... Aku gak tahu apakah itu kapal nelayan atau kapal niaga seperti yang kami naiki ... Tetapi, lalu lintas di atas laut atau danau ini tidak terlalu padat ... Saat kami menjauh dari daratan NYC, kami mulai bisa melihat berbagai pulau kecil yang ada di dekat NYC selain Ellis Island tentunya. Dengan mendengarkan narasi yang diperdengarkan di atas kapal, kami jadi tahu sejarah mengenai pulau-pulau tersebut. Narasi dengan jelas membantu para wisatawan memahami dengan mudah berbagai informasi yang disajikan yang berhubungan dengan NYC. Kalau sempat nonton video yang kuunggah sebelumnya, suara narator bisa dengan jelas didengarkan. Dan saat kapal mendekati Ellis Island, dari jauh kami lihat sebuah patung yang menjadi ikon NYC yaitu Statue of Liberty ... Jadi penasaran nih pingin tahu seperti apa ya patung yang menjadi legenda kota besar NY ini ... Ya ... NYC seperti tidak bisa dipisahkan dari Statue of Liberty ini ... Yuk kita ikuti ceritaku berikutnya mengenai patung Liberty ini ...