Wednesday, May 23, 2012

NEW YORK: NAIK DAN TURUN KAPAL

Saat petugas yang akan membawa wisatawan naik kapal menuju Ellis Island datang, semua nampak gembira. Maklum, kami semua lumayan lama menunggu kedatangan petugas tersebut. Dalam tiket yang kami tunjukkan pada petugas tersebut nampak jelas terbaca bahwa jadwal terakhir kapal menuju Ellis Island yang akan kami naiki adalah di jam 2.30. Terbayang kan rasanya kalau sampai kami gak bisa naik kapal karena jadwal melebihi ketentuan? Apalagi bagi kami yang hanya sempat berkunjung ke Ellis Island sore ini karena besok pagi kami merencanakan berkunjung ke tempat lain. Gak lucu banget rasanya gak bisa lihat Statue of Liberty hanya karena salah jadwal. Namun kekhawatiran kami gak terjadi. Dengan bersemangat kami mengikuti petugas yang mebawa rombongan wisatawan menuju dermaga lain. Kami berjalan melintasi area yang lumayan luas. Sebentar kemudian kami sampai di dermaga tempat kapal berlabuh. Kami segera saja masuk ke dermaga dan siap naik kapal. Namun sebelumnya kami difoto terlebih dahulu (masing-masing orang atau keluarga) dengan background kosong. Baru kami kemudian ketahui (mengapa background sengaja dikosongkan) saat kami sudah berada di atas kapal. Background ini diisi dengan gambar Statue of Liberty dan kelap-kerlip lampu dari gedung yang ada di kota NY - yang nampak menjadi latar belakang foto penumpang di atas kapal. Foto ini kemudian dijual kepada seluruh penumpang kapal. Harga foto tersebut 20 dolar per-lembarnya. Sudah pasti mama ogah hehehe ... Mama mengatakan akan membeli foto ini kalau 2 lembar foto dihargai 10 dolar. Aslinya foto tersebut berukuran lumayan besar (10 R) dan lumayan OK. Tetapi si fotografer tidak melepas gambar dengan harga semurah itu hehehe ... Mendingan mereka buang daripada dijual dengan harga murah hahaha ... Kok jadi cerita foto ... Kembali ke naik kapal ya ... Setelah kami selesai dfoto, kami segera saja mengantri dengan tertib untuk bisa naik kapal yang nampak sudah menunggu kami. Sebuah kapal pesiar berukuran sedang nampak sudah siap menyambut kami. Segera setelah kami serahkan tiket kepada petugas dan dipersilahkan naik kapal, dengan tertib kami pun mengikuti semua aturan sampai kami berada di atas kapal. Kami bisa memilih seat yang tersedia sesuka hati kami. Mau duduk di kursi yang berada di bawah atap ataupun memilih kursi yang gak beratap silahkan saja. Karena gerimis masih terasa, awalnya kami memilih kursi yang ada atapnya. Namun, saat kapal mulai bergerak, kami memilih berdiri dan bersandar pada badan kapa yang tidak berpenutup. Gerimis tidak bisa menghalangi kami untuk menikmati memandang kota NY dari atas kapal. Nampak olehku wisatawan yang naik kapal sangat sedikit jumlahnya. Mungkin karena cuaca yang kurang mendukung atau mungkin karena jam sudah sore. Atau mungkin juga karena kapal ini kan gak singgah di Ellis Island, alias hanya akan berlayar mendekati Ellis Island, yang mengakibatkan gak banyak wisatawan yang memilih naik kapal ini. Seandainya kami mau singgah di Ellis Island, kami musti naik dari dermaga yang satunya dan kami musti membeli tiket lagi. Sementara itu, kami bisa naik kapal ini karena tiketnya sudah jadi satu paket dengan tiket naik bus tingkat (hip-hop bus) hehehe ... Kapal ini membawa kami berlayar selama kurang lebih 45 menit. Dengan jumlah penumpang yang gak banyak, kami jelas sangat leluasa mengabadikan banyak gambar dengan latar belakang kota NY yang indah karena gedung-gedungnya dan juga Statue of Liberty-nya ... Kami merasa beruntung dengan memilih naik kapal ini di sore hari (di jadwal terakhir) dimana hari ini kapal ini gak crowded dan juga udara gak panas-panas amat ... Sekalipun agak gerimis, kami justru sangat menikmati sore ini dari atas kapal ... Sebuah privilege besar bagi kami karena kami bisa memandang ikon wisata US dan dunia (barangkali) yaitu NYC dan Statue of Liberty ... Ah ... Betapa menyenangkannya hari ini ... Dan saat kapal berhenti berlayar dan kembali ke dermaga, hati kami sudah pasti senang sekali ... Tak lupa, kami ambil gambar dulu sebelum meninggalkan dermaga ...