Wednesday, May 23, 2012

NEW YORK: NIAGARA FALLS TO BLOOMINGTON

Rabu pagi, 23 Mei 2012, mama membangunkanku jam 6.30-an ... Kata mama, kita harus segera check out dari hotel dan kembali ke Bloomington. Kenapa kami bangun lumayan pagi? Karena sore nanti akan ada acara perpisahan di sekolahku kira-kira jam 6.30. Jadinya, mama mengajak kami berangkat pagi-pagi dari hotel menuju Bloomington. Hanya saja, kami bangun agak kesiangan. Rencananya, kami akan berangkat jam 6 pagi. Karena kami bangun jam 6.30, perjalanan pulang pun sedikit berubah dari rencana. Namun papa mengatakan kita tidak perlu tergesa-gesa karena menurut perkiraan, jarak Niagara Falls akan ditempuh dalam waktu 7-8 jam. Kami perkirakan, kami akan menempuh pejalanan selama kurang lebih 10-11 jam termasuk istirahat makan siang. Segera sesudah bangun, kami bertiga membereskan semua bawaan kami. Malam sebelumnya semua barang dah disiapkan mama, sehingga pagi ini kami tinggal mengangkatnya. Segera kami menuju front desk dan mengembalikan kunci. Kami kemudian sarapan secukupnya dan segera menuju kendaraan. Jam 6.45 kendaraan sudah meninggalkan parkiran hotel dan kendaraan pun melaju keluar dari kompleks Niagara Falls Stae Park. Sebentar keluar kompleks, kami ketemu jalan tol. Setelah mengambil tiket, kendaraan berjalan melewati jembatan dan kemudain masuk ke dalam kota sebentar. Sesudahnya, kendaraan melalui jalan tol yang gak beda jauh dengan highway. Lumayan panjang juga jalan tol yang kami lewati. Dan kami sempat berhenti sebentar di Service Area untuk mengisi bensin. Kendaraan kemudian melaju menuju arah Ohio. Ya ... state New York yang kami lalui berbatasan dengan negara bagian Ohio di sisi atas. Menurut peta yang sempat kami lihat, kami akan melewati Cleveland. Perjalanan dari Niagara Falls menuju Bloomington gak beda jauh dengan pejalanan dari New Jersey menuju Niagara Falls. Yang membedakan adalah adanya pekejaan jalan di state Ohio yang panjangnya minta ampun. Kami beruntung melakukan perjalanan sejak jam 7 pagi, dimana kepadatan belumlah terlalu tinggi dan juga kami melakukan perjalanan di hari biasa (weekdays) yaitu hari Rabu. Saat kami keluar hotel, jalan raya beneran masih lumayan sepi. Saat kami berada di jalan tol, volume kendaraan juga biasa saja. Saat kami berada di highway, kami lihat jumlah kendaraan juga biasa saja. Kami tidak membayangkan seandainya kami bepergian di weekend, di saat liburan pula ... Terbayang padatnya jalanan yang akan kami lalui ... Belum lagi kalau ketemu pekerjaan jalan ... Wa ... Bisa lama sekali perjalanan yang kami tempuh dari Niagara Falls ke Bloomington ... Karena volume kendaraan yang melaju di jalan-jalan yang kami lalui gak terlalu padat, kami pun bisa melewati berbagai area dengan lumayan nyaman. Dengan bekal makanan yang masih ada di kendaraan, kami nikmati makan siang kami dengan senang hati ... Ya ... Dalam perjalanan pulang dari Niagara Falls ke Bloomington ini kami tidak mampir ke tempat makan tertentu, mengingat kami merencanakan untuk sampai di rumah sebelum jam 6 sore. Jadi, kami berupaya menghemat waktu di jalan dengan tidak berhenti terlalu lama di rest area. O ya ... Cuaca lumayan besahabat saat kami berkendara dalam perjalanan pulang ke Bloomington ini. Jadinya, kami gak capai-capai amat. Saat kami membaca papan info di jalan yang bebunyi "WELCOME TO OHIO" wa ... rasanya dah dekat rumah hehehe ... Ya ... Rasanya dah separuh perjalanan dah kita lalui. Maklum, state yang kami lewati dalam perjalanan pulang ini adalah New York sendiri, Ohio dan kemudian Indiana which is state yang kami tinggali. Tapi jangan salah ... Saat kami memasuki Ohio, kami masih berada di ujung Ohio, dimana untuk menuju Columbus (ibukota Ohio), masih diperlukan waktu 2-3 jam-an ... Na ... Dari Columbus menuju Bloomington, jarak waktu tempuhnya antara 3-4 jam ... Pastinya, kami hepi saja waktu melihat tulisan Ohio hehehe ... Di Ohio, kami sempatkan istirahat sebentar di salah satu rest area. Sebentar saja kok, utamanya ke rest room hehehe ... Setelah itu, kami lanjutkan kembali perjalanan kami. Saat jam menunjuk angka 2 siang, kendaraan sudah memasuki state Indiana. Sudah pasti kami tambah seneng hehehe ... Sekalipun masih perlu menempuh waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam lagi, kami rasanya dah sampai di dekat rumah ... Maklum, dah masuk state kami sendiri. Di perbatasan Ohio dan Indiana ini kendaraan agak lumayan padat ... Maklum ada pekejaan (perbaikan jalan). Tetapi, kendaraan tetap bisa berjalan dengan kecepatan biasa. Kami nikmati pemandangan sekitar yang kami lalui. Ladang jagung, areal petanian, kota kecil, area yang ditumbuhi pepohonan dan semak belukar dan seterusnya ... Ya ... Pemandangan yang gak jauh berbeda dengan saat kami berangkat menuju New Jersey ... Gak terasa, sejak hari Jum'at malam tanggal 18 Mei 2012 sampai hari Rabu 23 Mei 2012 kami berkeliling ke beberapa negara bagian. Tepatnya rute kami adalah sbb: BLOOMINGTON - NEY JERSEY - NEW YORK (NYC DAN NIAGARA) - BLOOMINGTON. Sungguh perjalanan yang menyenangkan ... Rasa-rasanya masih kurang liburan kami kali ini hehehe ... Saat kami sampai di rumah kembali, di jam 5 sore, kami merasa sangat begembira karena perjalanan kami lancar (sejak kami berangkat sampai kami pulang). Dan pastinya kami bergembira sekali dengan semua yang kami nikmati. Begitu kendaraan berhenti di parking lot, kami buka pintu kendaraan dan segera kami keluarkan semua bawaan kami. Kami bawa semua tas ke dalam rumah. Dan saat kami masuk rumah .... Waaaa ... Senang sekali rasanya ... Kami segera merebahkan badan sebentar untuk menikmati home sweet home ... Yay ....